Kamis, 08 Desember 2016

INTERNET OF THINGS

PENGENDALIAN

DEFINISI

   Pengendalian adalah proses memantau kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut diselesaikan seperti yang telah direncanakan dan proses mengkoreksi setiap penyimpangan yang berarti.

   Dasar pengendalian dapat dilihat dari fungsi pengawasan. Fungsi ini diperlukan untuk menjamin terlaksananya berbagai kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi, sesuai dengan apa yang telah direncanakan.


   William G. Ouchi mengemukakan 3 Tipe Pendekatan Perancangan Pengendalian :

  • Pengendalian Pasar


    Adalah Pendekatan pengendalian yang menekankan penggunaan mekanisme pasar ekternal untuk mendapatkan standard yang digunakan dalam sistem pengendalian.

  • Pengendalian Birokratis

Adalah sebuah pendekatan terhadap rancangan sistem pengendalian yang menekankan wewenang organisasi dan mengandalkan peraturan-peraturan administrasi, prosedur, kebijakan, pembakuan kegiatan, dan mekanisme administratif lain untuk menjamin agar karyawan menampilkan perilaku yang sesuai dan memenuhi pedoman-pedoman kerja.

  • Pengendalian Klan (kelompok)

Adalah suatu pendekatan terhadap perancangan sistem-sistem pengendalian dimana perilaku-perilaku karyawan diatur dengan nilai-nilai bersama, norma-norma dan tradisi serta upacara/seremonial organisasi tersebut.


MONETISASI

DEFINISI

   Monetisasi merupakan proses kenversi sesuatu yang tidak mempunyai nilai menjadi sesuatu yang mempunyai nilai jual yang lebih. Dilihat dari namanya, pengertian singkat tentang blog monetisasi adalah sebuah blog yang difungsikan sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan uang kepada penggunanya. Para blogger memposisikan mereka sebagai broker atau calo. Biasanya para blogger bekerja sama dengan perusahaan offiliasi dan adsense.

TIPS


  1.    Buatlah topik blog yang akan anda bangun, usahakan topik yang dipilih oleh anda adaalh hal yang anda sukai, karena Anda akan menulis dalam waktu yang cukup lama. Jika topik yang anda angkat bukan sebuah hal yang anda sukai anda akan merasa cepat bosan dalam menjalaninya,
  2.    Setelah anda yakin dengan topik yang akan anda ulas di blog anda, plih situs web yang kontennya mendukung untuk anda berbisnis. Seperti halnya Blogger (Promosi ni yee,, heheh), karena blogger menyediakan fitur monetisasi siap pakai seperti Google Adsense.
  3.    Buatlah artikel panjang yang terstruktur dan berisi informasi yang bermanfaat serta sesuai dengan topik anda di awal perancangan.
  4.    Melakukan optimasi Blog menggunakan SEO. SEO adalah tips atau trik atau langkah-langkah untuk memaksimalkan posisi pagerank pada search engine.
  5.    Untuk memaksimalkan trafic pagerank yang harus terus meningkat maka anda harus mempromosikan blog anda kepada pengguna blok yang lain.
  6.    Jika langkah diatas sudah mulai di jalankan dengan rutin dan trafic pengunjung anda sudah banyak dan stebil, langkah anda terakhir adalah memilih model monetisasi apa yang cocok dengan topik Anda.

OPERASIONAL

DEFINISI

   Operasional merupakan informasi ilmiah yang sangat membantu peneliti lain yang ingin melakukan penelitian dengan menggunakan variabel yang sama. Karena berdasarkan informasi itu, ia akan mengetahui bagaimana caranya melakukan pengukuran terhadap variabel yang dibangun berdasarkan konsep yang sama. Dengan demikian ia dapat menentukan apakah tetap menggunakan prosedur pengukuran yang sama atau diperlukan pengukuran yang baru.

   Beberapa ahli bahkan mendefinisikan operasional sebagai berikut :
  • Budi Pranata: Pengertian operasional menurut budi pranata adalah kuantitas atau jumlah yang tidak cocok.
  • Husein Umar: Pengertian operasional menurut husein umar adalah penentuan suatu konstruct sehingga menjadi variable maupun variabel-variabel yang dapat diukur.
  • Nursalam: Menurut Nursalam, pengertian operasional adalah definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari suatu yang didefinisikan tersebut.
  • Widjono Hs: Pengertian operasional menurut Widjono Hs adalah batasan pengertian yang dijadikan sebagai pedoman untuk melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan.
  • Asep Hermawan: Menurut Asep Hermawan, pengertian operasional adalah penjelasan bagaimana kita dapat mengukur variable. Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan angka-angka maupun atribut-atribut tertentu.
  • Hoover: Pengertian operasional menurut Hoover adalah memuat identifikasi sesuatu hal yang bersifat (variabel) sehingga dapat digunakan untuk penelitian (observasi)
  • Rhonda Abrams & Alice Laplante: Menurut Rhonda Abrams & Alice Laplante bahwa pengertian operasional adalah aspek yang penting karena tanpanya, maka tidak ada yang dapat dikerjakan.
  • Nani Darmayanti: Pengertian operasional menurut Nani Darmayaanti adalah rumusan tentang ruang lingkup serta ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan dan penelitian suatu karya ilmiah.

PERLUASAN

DEFINISI

   Perluasan dibagi menjadi 3, yaitu :
  • Chaer : gejala yang terjadi pada sebuah kata atau leksem yang pada mulanya hanya memiliki sebuah makna, tetapi kemudian karena berbagai faktor menjadi memiliki makna-makna lain.
  • Tarigan : suatu proses perubahan makna kata dari yang lebih khusus kepada yang lebih umum, atau dari yang lebih sempit kepada yang lebih luas.
  • Sudaryat : proses perubahan makna kata dari makna yang khusus menjadi makna yang luas.

Source :

Edit : Rio Sofwanhadi
Tugas Soft Skill : Arbi Pramana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar